Jl. I Gusti Ngurah Rai 8D Klender Jakata Indonesia +62 (21) 8661-0180 sinar-pk@indo.net.id

Panduan Teknis Beberapa Cara Pembuatan Fermentasi Jerami dan Cara Pemberiannya Pada Ternak Sebagai Antisipasi Penyediaan Hijauan Pakan Ternak Saat Musim Kemarau

Fermentasi Jerami. Pemenuhan kebutuhan hijauan pakan ternak saat musim kemarau sering terkendala sulitnya mencari hijauan segar untuk pakan ternak. Keterbatasan air saat musim kemarau menjadikan hijauan terbatas karena sulit tumbuh. Sementara itu disisi lain ketersediaan jerami padi melimpah saat menjelang kemarau karena biasanya saat tersebut jatuh panen raya padi sawah. Salah satu cara antisipasi untuk pengadaan hijauan saat musim kemarau adalah dengan memanfaatkan jerami, tetapi karena jerami masih miskin nutrisi maka perlu diolah lebih dahulu agar lebih baik kandungan gizinya. Salah satu pengolahan jerami yang layak untuk dicoba dan dilakukan adalah dengan Fermentasi Jerami.

Usaha beternak sapi potong adalah peluang yang menjanjikan, mengingat permintaan akan kebutuhan daging sapi sangat tinggi yaitu pada kisaran 60%. Tetapi hasil produksi daging sapi dalam negeri hanya bisa memenuhi 1/3 saja dari kebutuhan tersebut, yaitu sekitar 20%. Kondisi ini menyebabkan terjadi defisit yang memaksa pemerintah untuk mengimpor sapi dari luar negeri dan dapat dipastikan permintaannya akan semakin meningkat seiring tahun berganti dan pertambahan jumlah penduduk yang semakin meningkat juga.

Page 1 of 6